Tips dan Trik Membeli Komputer Baru

Posted: Juni 12, 2011 in Uncategorized
 Apabila anda ingin membeli komputer namun tidak memahami soal hard ware komputer, berikut ini kami memberi solusinya berupa tips dan trik membeli komputer baru :

1. Tips pertama adalah jangan membeli prosesor kelas Celeron yang harganya jauh lebih murah. Lebih baik Anda membeli prosesor generasi lebih baru seperti Pentium 4 Hyper-Threading (HT), Pentium D, Dual Core atau Core 2 Duo. Anda bisa saja membeli prosesor Intel kelas Celeron (Misal Celeron 2,66 GHz,) namun kinerja komputer akan menurun drastis apabila menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multi-tasking) dibandingkan kita menggunakan Pentium E2140 1.6GHz (Dual Core) atau Pentium 4 631 berkecepatan 3.0 GHz HT..

2. Tips kedua, beli harddisk berjenis SATA II. Alasannya, harddisk jenis ini kecepatan baca tulisnya sudah lebih cepat (teoritisnya 300MB/detik) dan harganya malah lebih murah dibandingkan harddisk berjenis PATA (harddisk model lama).

3. Tips ketiga, jangan membeli harddisk ukuran 80 GB. Lebih baik  kita membeli harddisk ukuran 160 GB saja karena selisih harganya tipis, sekitar Rp 50.000 – Rp 80.000.

4. Tips keempat, beli memori yang sudah DDR2. Oleh sebab itu, pastikan motherboard yang kita beli sudah mendukung memori jenis ini. Selain kemampuannya sudah lebih baik, memori versi lama seperti SDRAM dan DDR harganya  lebih mahal

5. Tips kelima, beli memori DDR2 minimal berukuran 512 MB. Walaupun komputer yang kita beli ditujukan hanya untuk pekerjaan mengetik atau mendengar lagu, namun sistem operasi sekarang ini membutuhkan memori yang besar. Agar bisa menggunakan Windows XP dengan cukup nyaman, mempunyai memori 512 MB sudah menjadi keharusan.

6. Tips keenam, jangan beli CD-ROM biasa atau CD-RW. Lebih baik, kita membeli DVD Combo (DVD-ROM plus CD-RW), artinya kita bisa memutar dan membakar data ke CD sekaligus memutar DVD. Alasan pertama, karena harga DVD Combo sudah sangat murah. Alasan kedua, sekarang sudah era menggunakan DVD.

7. Tips ketujuh, pastikan motherboard memilik slot PCI yang cukup. Di dalam slot inilah kita menambahkan kartu grafis tambahan agar bisa memainkan game 3D favorit atau membuat komputer kita layak diinstal Windows Vista.

8. Tips kedelapan, beli casing PC dengan power listrik yang mendukung kebutuhan hardware PC dan mempunyai front USB dan Audio. Daripada capek-capek colok flashdisk atau earphone ke belakang PC, lebih baik beli casing yang sudah menyediakan front USB dan Audio. Sekarang hampir semua motherboard menyediakan fasilitas front USB dan Audio.

9. Tips kesembilan, jangan malas bertanya. Tanyakan ke toko penjual sejauh mana layanan mereka kalau komputer bermasalah, lama garansi, catat alamat dan nomor telepon toko tersebut. Ada baiknya, kita membeli komputer langsung ke toko penjual. Kalaupun membeli komputer dari pameran, luangkan waktu untuk mampir ke toko mereka dan jalin komunikasi. Anda juga perlu mampir ke toko-toko lain untuk membandingkan layanan dan harga.

Hal-hal lain seperti dukungan motherboard untuk jaringan (LAN), USB port, mouse, atau keyboard tidak perlu Anda cemaskan karena motherboard masa kini sudah mendukungnya secara on-board. Jadi Anda tidak perlu lagi menambah kartu LAN, kartu USB, dan sebagainya.

Yang tidak kalah pentingnya adalah belilah komputer kepada toko atau orang yang anda percaya atau dapat dipercayai. Setidaknya mereka dapat memberikan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan penggunaan komputer anda dan disesuaikan dengan budget anda tentunya. Apabila membeli komputer rakitan di pameran kita perlu mengetahui spesifikasi komputer tersebut. Jangan dengan alasan murah kita begitu saja membeli komputer di pameran tanpa mengetahui spesifikasi yang jelas dari komputer rakitan khususnya tersebut. Alih-alih kita ingin membayar murah ternyata yang kita dapatkan jauh dari harapan kita.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat agar kita bisa membeli komputer dengan harga dan spesifikasi yang sesuai dengan harapan kita. Selamat membeli komputer !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s